Wednesday, April 19, 2017

WAWASAN ARSITEKTUR 10 - TOKYO BIG SIGHT


Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berwisata ke Tokyo, Jepang. Statusnya sebagai ibukota negara tentu saja menjadikan Tokyo mesti mendapatkan perlakukan lebih dibandingkan kota-kota lainnya di Jepang. Aneka fasilitas publik mesti lebih lengkap dan kualitasnya diatas rata-rata. 

Seperti Tokyo International Exhibition Centre atau Tokyo Big Sight yang sudah sangat popular sebagai tempat untuk menggelar aneka tema pertunjukkan seperti Comiket, Tokyo Motor Show, atau Tokyo International Anime Fair. Tokyo Big Sight berada di Tokyo Big Sight Inc, 3-11-1 Ariake, Koto-ku, Tokyo.

Meskipun dibangun sejak 18 tahun yang lalu, Tokyo International Exhibition Center, yang juga dikenal sebagai Tokyo Big Sight, tetap menjadi salah satu bangunan paling mengesankan di Tokyo dan bangunan ini akan menjadi salah satu dari beberapa bangunan tua yang akan digunakan untuk Olimpiade 2020, ketika bangunan ini akan menjadi tempat penyiaran utama dan pusat pers, dan kompetisi gulat, anggar dan taekwondo.

Acara-acara besar tersebut ternyata hanya sebagian kecilnya saja yang kerap diadakan disini. Menurut pada waktu pembuatannya sebetulnya belumlah terlalu lama hall ini dibangun dan kemudian diresmikan. Mulai pembangunan tahun 1992 silam dan kemudian diresmikan 4 tahun kemudian atau pada tahun 1996. Bagian towernya memiliki ketinggian sekitar 58 meter. Desain dan arsitektural bangunannya juga sangat unik dan menarik.


Luas totalnya mencapai 230.000 meter persegi dengan pembagian ruangan dilakukan menjadi tiga yakni East Exhibition Hall, West Exhibition Hall dan Coenference Tower. Ketiga macam ruangan tersebut tentu saja memiliki fungsinya masing-masing. East Exhibition Convention Hall merupakan kumpulan ruang pamer yang dibagi menjadi 6 hall yang masing-masing 3 hallnya dipisahkan oleh koridor. Sedangkan di West Exhibition Area dibagi menjadi 4 bagian yang dirancang untuk menggelar berbagai even yang sifatnya lebih kecil. Konsep indoor dan outdoor diterapkan di ruangan bagian ini.

Interior Tokyo Big Sight

Sedangkan yang terakhir yakni Conference Tower ialah area yang disebut sebagai ikonnya. Bentuk tower ini menjadi ciri khas dari Tokyo Big Sight yang dirancang dengan berbentuk 4 buah piramida terbalik dan hanya disangga oleh 4 buah tiang saja. Disini pengunjung dapat menemukan berbagai area konferensi yang sangat cocok digunakan untuk ruangan seminar, simposium dan lainnya. Sebagai pelengkap, Tokyo Big Sight juga ternyata sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas berupa kafe dan restoran yang bisa dijumpai di lantai 2 dan 3 nyasemisal Royal Cafetaria, Cafetaria Voir, United Kingdom of Curry, dan juga Hongkong Express Le Parc.

No comments:

Post a Comment